Begini Tugas dan Tanggung Jawab Mantri Bank

Di sebuah bank pasti mempunyai bagian sendiri misalnya customer service, teller bank, administrasi, mantri, dan lain sebagainya. Setiap department-department tersebut mempunyai tugasnya masing-masing yang membuat suatu bank akan menjadi maju dan dapat mengambil hati para konsumennya. Salah satu yang department yang paling penting di bank adalah mantri bank. Mengapa begitu? Lalu apa tugas dan tanggung jawab mantri bank? Mari kita ulas seputar kinerja mantri bank.

Tentang Mantri Bank

Tahukah Anda apa itu mantri bank? Sebagian orang pasti tidak tahu dengan mantri bank karena tugas mantri bank lebih ditugaskkan di lapangan daripada di kantor. Pengertian mantri bank adalah marketing yang biasanya direkrut secara intern maupun extern.

Secara intern, mantri bank biasanya direkrut dari petugas teller dan customer service. Secara extern, mantri bank di rekrut dari orang luar yang biasanya lulusan perguruan tinggi dan harus mempunyai jiwa yang loyal, semangat yang tinggi, dan mampu bekerja keras.

Tugas Tanggung Jawab Mantri Bank

Tugas Tanggung Jawab Mantri Bank

Sebagai mantri bank harus bisa bekerja keras karena dituntut untuk dapat bekerja dengan target yang sudah di tentukan. Secara garis besar, tugas dan tanggung jawab mantri bank tidak hanya bertugas sebagai marketing saja. Namun, uraian tugas mantri bank dan bertanggung jawabnya yaitu untuk mencari, mensurvey, menganalisa, dan memberi rekomendasi kepada pimpinan unit terhadap calon nasabah mengenai pinjaman atau kredit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mantri Bank

Secara spesifik inilah tugas dan tanggungjawab seorang mantri bank yang kami himpun dari internet, untuk beberapa poin mungkin sedikit berbeda antara bank satu dengan bank lainnya namun secara keseluruhan bisa di katakan identik. Langsung saja simak tugas utama tanggungjawab seorang mantri di bawah ini.

  1. Melakukan pengecekan secara menyeluruh terkait berkas pemohon kredit atau nasabah pada umumnya.
  2. Memastikan semua persyaratan dan berkas pemohon sudah lengkap via marketing di bawahnya.
  3. Melakukan pengecekan secara langsung ke lapangan terhadap jaminan pengajuan kredit pemohon.
  4. Melakukan analisa terhadap pengajuan kredit pemohon sekaligus membuat keputusan atas pengajuan tersebut.
  5. Memanage data pemohon, rekap kredit dan surat tolak/terima pemohon.
  6. Bertanggung jawab atas rencana pencapaian dan target yang di tentukan oleh kantor/bank.

Mantri bank dibagi menjadi dua yaitu mantri kur dan mantri komersil. Perbedaan dai keduanya akan terlihat dari jumlah plafon yang diturunkan. Untuk mantri kur plafon yang diturunkan berkisar antara Rp. 0  hingga Rp. 200 juta. Sedangkan untuk mantri komersil plafon yang bisa di turunkan hanya berkisar Rp. 0 hingga Rp. 100 juta.

Syarat menjadi Mantri Bank

Anda tertarik menjadi seorang mantri bank? sejatinya syarat untuk menjadi seorang mantri bank anda hanya butuh lolos seleksi dan wawancara saja, adapun selebihnya tergantung dari kreatifitas dan juga skill anda dalam membangun sebuah jaringan. Fyi seorang mantri juga di tuntut untuk ramah seperti halnya staff bawahannya, jadi mungkin kami sarankan untuk membaca kembali tulisan kami bagaimana menjadi seorang customer service maupun teller. Tentunya anda juga harus seorang lulusan minimal D3 dan biasanya jabatan seorang mantri ini di ambil dari karyawan bank (background CS, teller, frontliner) sehingga sudah mengenal cakupan dan karakter nasabah di sekitar bank tersebut.

Itulah tugas dan tanggung jawab mantra bank secara garis besar. Sebagai informasi saja selain gaji mantri bank yang tergolong besar, juga jenjang karir sebagai mantri bank lebih cepat.