Pengertian dan Tugas Teller Bank

Pengertian Teller – Pernahkah anda berkunjung ke sebuah Bank lalu di sambut oleh mbak/mas dengan setelan rapi dan ramah? tentunya hampir semua pembaca pernah mengalaminya, biasanya anda akan di sambut pak satpam dahulu baru kemudian di rujuk ke seorang Teller Bank jika anda ingin mengirim/tranfer atau menabung di Bank. Yup, dialah seorang teller yang senantiasa ramah dan membantu keperluan anda saat di bank.

Apa itu Teller Bank?

Teler merupakan seorang petugas dari pihak bank yang berfungsi untuk melayani nasabah dalam hal transaksi keuangan perbankan kepada semua nasabahnya. Tugas seorang teller secara umum yaitu menangani, membantu, dan memberikan solusi bagi semua nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan termasuk di dalamnya nanti memberikan jasa layanan uang tunai maupun non tunai.

Pengertian Teller Bank

Teller Bank di Indonesia

Fungsi dan Tugas Teller

Sesuai pengertian teller diatas bahwasanya fungsi seorang teller adalah memberikan layanan perbankan bagi nasabah dan atau calon nasabah di sebuah Bank. Fungsi teller menjadi sangat krusial karena setiap hari merekalah yang langsung berhadapan dengan nasabah, hal ini tentunya harus di tunjang penampilan yang sempurna setiap saat bagi semua Teller Bank.

Tugas Teller

  1. Seorang Teller yang baik harus datang tepat waktu sesuai jam masuk, memastikan semua perlengkapan berfungsi baik(alat penghitung uang, alat pngecek uang palsu bulpen, dsb).
  2. Jika ada nasabah maka harus bersikap ramah, memberi greeting (selamat pagi/siang/sore, mengucapkan terima kasih jika sudah selesai), memberi senyum di awal dan akhir pertemuan.
  3. Menjaga penampilan berbusana sesuai standar bank (meja kerja, baju rapi, rambut rapi, mengenakan ID card, dsb.)
  4. Jika ada nasabah ingin setor/tarik tunai maka teller wajib menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah, melakukan perhitungan uang di depan nasabah
  5. Melakukan pembayaran non tunai/tunai kepada nasabah yang bertransaksi non tunai/tunai di counter bank, dan melakukan update data transaksi di sistem komputer bank.
  6. Setelah selesai proses setor/tarik tunai teller wajib memberikan slip kuitansi kepada nasabah yang dan menandatanganinya sebagai tanda tangan pengesahan
  7. Bertanggungjawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di sistem dengan kas di terminalnya.

Terimakasih telah membaca Pengertian dan Tugas Teller Bank, untuk bisa di terima menjadi seorang Teller sangat di sarankan membaca dan mempelajari Syarat dan Job Desc Teller.