Tugas dan Job Deskripsi Manager Produksi

Tugas dan Job Deskripsi – Kali ini kami akan mengulas kedudukan atau posisi yang penting lainnya di dalam struktur sebuah perusahaan. Jabatan manager produksi sendiri biasanya vital pada jenis-jenis perusahaan manufaktur dan dagang karena perusahaan di bidang jasa biasanya jarang menggunakan posisi ini. Posisi bisa di bilang cukup bergengsi di kalangan perusahaan itu sendiri karena membawahi banyak karyawan di divisinya, selain itu gajinya pasti tidak kalah menggiurkan mengingat posisi ini setara dengan manager keuangan/manager keuangan/manager pemasaran atau manager SDM. Sebelumnya kami sudah pernah mengulas mengenai Tugas dan Job Deskripsi Manager, nah kali ini lebih spesifik lagi yaitu tugas dan job deskripsi Manager Produksi.

Pengertian Manager Produksi

Manager produksi adalah sebuah posisi jabatan dalam sebuah yang bertanggung jawab penuh dalam proses dalam produksi di suatu perusahaan. Manager Produksi merupakan fungsi kerja diberbagai bidang perusahaan dan industri yang biasanya secara umum bertangungjawab pada semua hal yang berkaitan dengan produksi, mulai dari proses, progres, problem solving, kualitas, kuantitas, reporting dan lain sebagainya. Wewenang seorang manager produksi itu sendiri juga cukup luas, terutama membawahi divisi produksi itu sendiri.

Bicara mengenai tugas manager produksi perusahaan secara garis besar adalah memastikan tercapainya hasil produksi sesuai dengan rencana perusahaan baik dalam hal kualitas, kuantitas dan waktu penyelesaiannya dengan menggunakan sumber daya secara optimal dan kesemuanya itu harus dilaksanakan sesuai dengan standar operasional perusahaan.

Manager Produksi

Tugas Manager Produksi

Tugas Manager Produksi Perusahaan

Sebagai salah satu posisi yang penting dan strategis di perusahaan, tanggung jawab dan tugas yang diemban seorang manager produksi tentulah sangat besar terutama dalam permasalahan produksi perusahaan. Berikut ini kami sampaikan tugas manager produksi adalah

  1. Membuat perencanaan dan jadwal proses produksi
  2. Mengawasi proses produksi agar kualitas, kuantitas dan waktunya sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat
  3. Bertanggung jawab mengatur manajemen gudang agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan bahan baku, bahan penolong maupuan produk yang sudah jadi di gudang
  4. Bertanggung jawab mengatur manajemen alat agar fasilitas produksi berfungsi sebagaimana mestinya dan beroperasi dengan lancar
  5. Membuat laporan secara berkala mengenai kegiatan di bagiannya
  6. Bertanggung jawab pada peningkatan ketrampilan dan keahlian karyawan yang berada di bawah tanggung jawabnya
  7. Memberikan penilaian dan sanksi jika karyawan di bawah tanggung jawabnya melakukan kesalahan dan pelanggaran
  8. Berinovasi dalam pengerjaan produksi dan memberikan masukan pada perusahaan yang berkaitan dengan bagian produksi

Uraian tugas manager produksi di atas merupakan tugas secara umum seorang manager produksi, namun tugas-tugas manager produksi tergantung pada bidang perusahaan dan industri seorang manager produksi bekerja.

Kriteria Seorang Manager Produksi Perusahaan

Dengan uraian tugas manager produksi yang sudah kami paparkan di atas, tentunya tidak bisa sembarang orang bisa menempati posisi ini. Untuk menjadi seorang manager produksi yang handal tidak cukup hanya mengandalkan ijazah, namun juga harus memenuhi syarat-syarat berikut ini :

  1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  2. Memiliki kemampuan manajerial yang bagus agar dapat menjalankan perusahaan secara efektif dan efisien.
  3. Memiliki kemampuan teknis dan lapangan
  4. Berjiwa pemimpin dan dapat dipercaya
  5. Dapat mengambangkan dan membuat strategi bisnis
  6. Tegas dan berintegritas tinggi
  7. Seorang pribadi yang baik dan dapat memotivasi bawahannya
  8. Jujur, bertanggung jawab dan kreatif serta proaktif
  9. Dapat bertindak cepat dan memecahkan permasalahan dengan penyelesaian yang tepat

Nahh, sudah siapkah Anda menjadi seorang manager produksi ? Tertarik menduduki posisi manager produksi di perusahaan yang Anda impikan ? Tentunya untuk menjadi seorang manager produksi tidaklah mudah, karena tanggung jawab yang besar dan beban kerja yang begitu banyak memerlukan banyak keahlian dalam bidang kerja perusahaan yang akan Anda geluti. Namun yang perlu ingat hanya satu, seorang manager produksi yang handal dulunya hanya seorang karyawan biasa juga.