Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeper

Job Deskripsi – Anda seorang housekeeper? atau mungkin anda sedang mencari seorang housekeeper untuk kantor anda? Ada baiknya anda sudah memahami tentang tugas dan tanggung jawab seorang housekeeper. Sebelumnya mungkin akan kita singgung sedikit tentang apa itu housekeeping karena mau tidak mau hal ini sangat erat dengan housekeeper.

Housekeeping merupakan salah satu dari bagian departemen-departemen yang ada di sebuah perusahaan, hotel, restoran, kapal pesiar, dan atau di public area macam rumah sakit. Housekeeping mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang suatu perusahaan menjadi maju. Secara garis besar, tugas dari housekeeping yaitu yaitu menjaga, memelihara, serta merawat keindahan yang ada di dalam gedung maupun di luar gedung (tergantung dimana dia bekerja). Sedangkan pimpinan dari housekeeping itu sendiri sering disebut dengan housekeeper. Apa sajakah peran housekeeper? Berikut adalah tugas dan tanggung jawab housekeeper yang perlu Anda ketahui.

Tanggung Jawab dan Tugas Housekeeper

Housekeeper bertanggung jawab pada kebersihan, keindahan, serta kenyamanan seluruh area gedung. Jika di hotel, maka housekeeper bertanggung jawab pada koridor setiap lantai, kamar tamu hotel, public area, taman, dan seluruh office di setiap area.

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeper

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeper

Selain itu, housekeeper juga bertanggung jawab untuk menjaga seluruh investasi perusahaan yang berada di bawah pengawasan housekeeping department. Lalu apakah tugas pokok housekeeper? berikut adalah beberapa tugas pokok housekeeper:

  1. Mengkoordinir bidang kerja seluruh staf housekeeping
  2. Membuat perencanaan tentang housekeeping
  3. Mengadakan evaluasi hasil kerja
  4. Menyediakan alat-alat yang digunakan housekeeping
  5. Mengawasi dan membuat rencana tentang penambahan asset
  6. Mengadakan inspeksi
  7. Mengadakan pengawasan agar rencana kerja lancar
  8. Mengontrol semua barang untuk housekeeping.

Tugas Executive housekeeper dan Assistant Executive housekeepe

Dalam pengerjaannya housekeeper di bagi menjadi beberapa bagian antara lain executive housekeeper dan assistant executive housekeeper. Tugas dan tanggung jawab executive housekeeper adalah melakukan recruitment karyawan yang meliputi wawancara, melatih, mengawasi, melakukan penilaian, dan melakukan evaluasi yang berkala terhadap karyawan.

Di samping itu, seorang housekeeper  juga harus menyusun serta menyiapkan program kerja, memberi tugas dan arahan terhadap karyawan housekeeping, membantu program perawataan serta perbaikan yang ada kaitannya dengan housekeeping, mengontrol dan mengawasi permintaan dan pembelian barang, membuat pelatihan program, serta menjalin komunikasi dan kerjasama dengan department lain.

Tugas dan tanggung jawab assistant executive housekeeper adalah menyelesaikan masalah yang terjadi pada housekeeping dan berkonsultasi dengan executive housekeeper. selain itu, ia juga harus memberikan arahan tentang tugas-tugas yang harus dilakukan oleh housekeeping.

Assistant executive housekeeper juga bertugas dan bertanggung jawab untuk menyusun jadwal kerja, membantu excecutive housekeeper untuk menyusun program kerja, serta melakukan pengontrolan terhadap ketersediaan barang.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai tugas dan tanggung jawab housekeeper yang perlu Anda ketahui. Peranan housekeeper sangat penting sekali agar tercipta suasana yang nyaman dan indah di area kerjanya. Maka, kemampuan dan skill yang baik harus dimiliki oleh housekeeper agar tercipta suasana yang kondusif dalam melaksanakan tugas.